Beberapa Masalah Serius Akibat Mobil Jarang Dipakai



Bukan berarti mobil yang anda miliki akan tetap awet atau tidak rusak dalam segala hal jika dibiarkan terlalu lama di garasi serta jarang digunakan. Justru ketika mobil jarang digunakan rentan sekali mengalami masalah dan kerusakan, terutama pada bagian kaki-kaki mobil.

Selain itu juga ada beberapa masalah yang akrab bagi mobil yang jarang dipakai yang terkadang sering disepelekan. Diibaratkan manusia saja, jika terlalu lama duduk atau tidur justru tidak baik untuk kesehatanya dan ketika bangun tentu akan terasa pegal-pegal.

Begitu juga dengan mobil yang terlalu lama dibiarkan tidak terpakai juga akan mengalami kerusakan. Terutama pada bagian ban mobil akan mengempis dan akan mengalami  masalah jika terlalu lama tertumpu pada satu titik saja.

Berikut ini adalah Beberapa masalah yang akrab bagi mobil yang jarang dipakai yang penting sekali anda perhatikan :

1. Ban mobil cepat rusak
Ketika anda membiarkan mobil terlalu lama tidak digunakan ternyata berdampak pada bagian ban mobil. Ban mobil anda akan mengempis dan itu akan membuat ban mobil cepat rusak. Ban cepat rusak menjadi salah satu masalah atau penyakit yang akrab bagi mobil yang jarang dipakai yang terkadang sering disepelekan. Oleh karena itu jika anda tidak akan menggunakan mobil untuk waktu yang lama sebaiknya mengakalinya dengan menopang mobil menggunakan alat penyangga. Tetapi jangan menggunakan dongkrak untuk menopangnya, karena akan membuat dongkrak rusak jika terlalu lama digunakan.

2. Wiper cepat rusak
Komponen lain yang bisa menjadi penyakit yang akrab bagi mobil yang jarang dipakai adalah kerusakan pada wiper. Ketika mobil jarang digunakan otomatis wiper pun tidak terpakai atau tidak digunakan. Hal ini bisa membuat karet wiper mobil anda mengeras. Untuk mengakalinya, anda bisa mengganjal wiper dengan menggunakan busa agar tidak menempel langsung pada kaca mobil.

3. Kerusakan pada aki mobil
Penyakit yang akrab bagi mobil yang jarang dipakai selanjutnya adalah kerusakan pada aki mobil. Hal ini bisa terjadi jika membiarkan atau meninggalkan mobil anda dalam keadaan aki masih tersambung. Untuk menghindari kerusakan pada aki, anda bisa melepas sambungan aki tersebut agar aki tetap awet meskipun tidak digunakan untuk waktu yang lama. Tetapi jangan lupa untuk tetap merawatnya meskipun mobil jarang digunakan. Salah satu tips merawatnya adalah dengan rajin-rajin memanasi mesin mobil anda sekitar 10 sampai 15 menit di pagi hari.

4. Kerusakan pada rem
Penyakit atau masalah yang terbilang bahaya untuk mobil adalah kerusakan pada rem. Kerusakan pada rem bisa terjadi jika anda membiarkan atau tidak menggunakan mobil anda dalam waktu lama tetapi kondisi rem tangan aktif. Itu bisa menjadi penyakit yang akrab bagi mobil yang jarang dipakai yang penting sekali anda perhatikan. Rem tangan yang masih aktif ketika dibiarkan terlalu lama akan membuat minyak dengan piringan rem lengket. Hal itulah yang akan membuat rem mobil anda mengalami kerusakan. Oleh karena itu jangan membiarkan mobil anda dalam keadaan rem tangan aktif jika akan ditinggalkan atau tidak digunakan.


Terima kasih.
(Cok/Auto2000)

No comments

Powered by Blogger.