Jangan Lakukan 5 Hal Ini Pada Mobil Matik Anda



1. Di Turunan, jangan pernah pindahkan transmisi ke posisi netral.

Mungkin ada yang berpikir saat turunan tanpa memasukkan gigi transmisi bisa lebih menghemat BBM. Kalau turunan yang dilintasi cukup terjal dan kemudian menanjak kembali, pada posisi gigi netral mobil bisa melaju lebih kencang dan saat menanjak mobil masih bisa melaju tanpa harus mengegas sehingga lebih hemat bahan bakar.

Padahal pada model mobil zaman sekarang, saat pengendara tetap memasukkan gigi di jalanan menurun mesin mobil sudah disesuaikan agar tak mengkonsumsi BBM. Jadi mobil tetap bergerak karena roda masih berputar. Karena saat tetap memasukan gigi fuel injector akan tertutup dan putaran roda akan meneruskan tenaga ke mesin dengan begitu tak ada BBM yang digunakan.

2. Pastikan mobil berhenti sebelum mengganti transmisi

Sebelum mengganti posisi gigi transmisi pastikan mobil dalam posisi diam. Seperti misalnya anda ingin memundurkan mobil 'R' dari posisi 'D' pastikan mobil berhenti, begitu juga sebaliknya. Itu artinya anda menggunakan rem untuk berhenti bukan berhenti karena perubahan transmisi berubah. Transmisi didesain untuk mengganti gigi sementara untuk membuat mobil berhenti gunakanlah rem.

3. Mobil jangan langsung digeber

Ada beberapa pengendara yang memposisikan gigi di Netral kemudian menginjak pedal gas cukup dalam dan langsung memindahkan gigi ke posisi 'Drive'. Padahal itu tidak disarankan karena bisa merusak komponen transmisi dan clutch pada mobil.

4. Tidak perlu memindahkan gigi ke netral saat lampu merah.

Tidak masalah jika posisi gigi tetap berada di 'D' ketika lampu merah. Ada yang beralasan memindahkan gigi bisa menghemat BBM. Padahal perbedaannya konsumsi BBM saat mobil di posisi 'D' dan 'N' tak jauh berbeda. Bagaimana jika terjebak dalam kemacetan panjang berjam-jam? Jika anda mengalami kondisi seperti itu sebaiknya matikan mesin mobil untuk menghemat BBM.

5. Jangan pindahkan gigi pada posisi "p" saat mobil masih bergerak.

Saat hendak memarkir mobil, pastikan mobil sudah berhenti sepenuhnya sebelum memindahkan transmisi ke posisi 'P'.



Semoga Bermanfaat
(Cok/Auto2000)

No comments

Powered by Blogger.